Blog

Welcome to my blog

Uncategorized

Tips Mencari Fotografer yang Mudah, Tepat dan Profesional untuk Kesuksesan Event

Dalam gelaran event, terutama agenda yang penting, kegiatan dokumentasi akan menjadi sesuatu sangat penting untuk dihadirkan. Sebab dengan adanya kegiatan dokumentasi maka momen penting dari event Anda bisa terekam dengan baik. Tapi untuk membuat momen terekam dengan spesial maka dokumentasi profesional harus Anda cari. Saat ini beberapa vendor penyedia jasa atau layanan dokumentasi acara atau event memang banyak bermunculan. Dari sinilah maka Anda sebagai event planner harus teliti dan cermat memilih vendor layanan dokumentasi yang berkualitas dan profesional. Nah berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencari fotografer yang berkualitas dan profesional dengan cara yang mudah.

  1. Tentukan Dulu Gaya atau Konsep Fotografi Anda

Tips pertama mencari fotografer yang profesional adalah dengan menentukan dulu gaya atau konsep fotografi Anda. Fotografi memang memiliki beberapa konsep atau gaya. Dari sinilah kemudian muncul tipe-tipe khusus talent dari fotografer. Setiap tipe talent fotografer memang banyak yang memiliki keahlian khusus atau spesial untuk konsep fotografi tertentu. Dari sinilah maka dengan menentukan konsep fotografi terlebih dahulu yang sesuai event, Anda akan mendapatkan talent yang tepat dan profesional.

  • Lakukan Riset

Setelah menentukan konsep atau gaya fotografi yang sesuai event maka langkah berikutnya adalah melakukan riset. Riset disini adalah melakukan pencarian secara seksama diberbagai media untuk mendapatkan vendor yang kredibel, profesional dan sesuai anggaran. Cari vendor fotografer tersebut dibeberapa tempat seperti di media sosial, website ataupun secara offline di koran dan majalah. Salah satu tempat pencarian yang tepat dan menarik untuk mencari fotografer adalah Jempoli. Di jempoli ini Anda akan bisa mendapatkan beberapa referensi vendor fotografer yang berkualitas dan mumpuni. Dari beberapa referensi tersebut, pilihlah satu yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan event Anda. Dengan platform online yang dihadirkan maka Anda bisa mendapatkan fotografer di Jempoli dengan mudah dan cepat.

  • Lihat Portofolio Vendor

Salah satu cara mendapatkan vendor fotografer terbaik adalah dengan cara melihat portofolionya. Portofolio fotografer sendiri adalah hasil jepretan mereka dengan kamera yang dimiliki. Lihat dengan seksama portofolio yang dimiliki karena hasil jepretan mereka pada event Anda tidak akan jauh-jauh dari portofolio tersebut. Jadi dari sini Anda harus benar-benar mencermati dengan baik portofolio vendor yang akan Anda pilih. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan portofolio yang ada dengan konsep event yang akan Anda gelar. Mengingat begitu pentingnya portofolio yang ada maka Anda harus sangat selektif pada talent fotografer yang ada. Membandingkan satu portofolio milik seorang fotografer dengan portofolio fotografer lain juga merupakan hal yang sangat baik untuk Anda lakukan.

  • Lakukan Wawancara

Setelah mendapatkan satu telent atau vendor fotografer yang tepat maka langkah berikutnya yaitu melakukan wawancara. Wawancara ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan kesesuaian apa yang ditawarkan vendor di media dengan kenyataannya. Dengan wawancara tersebut Anda juga bisa mendapatkan penjelasan yang lebih detail tentang layanan, harga dan juga prosedur pemesanannya. Wawancara sendiri bisa dilakukan secara tatap muka atau dengan percakapan via telepon atau chat. Untuk membuat wawancara yang lebih praktis dan mudah, Jempoli bisa menjadi solusinya. Sebab di Jempoli wawancara bisa Anda lakukan secara intents hingga event yang Anda rencanakan berjalan dengan lancar dan sukses.

  • Lihat Pengalaman dan Kredibilitasnya

Pengalaman seorang fotografer akan mencerminkan kredibilitasnya. Semakin berpengalaman seorang fotografer maka akan semakin kredibel layanannya. Jadi saat memilih satu orang fotografer yang mampu menyukseskan event Anda, lihatlah pengalamannya. Untuk melihat pengalaman dan kredibilitas seorang fotografer dengan pasti, jadikan Jempoli sebagai tempat pencarian. Sebab di Jempoli, Anda akan bisa melihat secara langsung bagaimana pengalaman dan kredibilitas seorang talent fotografer tanpa ada rekayasa.

  • Lihat Testimoni Customer

Jika memang talent fotografer telah banyak melayani customer, Anda harus melihat testimoni yang diberikan klien atau customer. Dari testimoni ini memang akan mampu menggambarkan kualitas dari layanan fotografer. Semakin baik testimoni yang diberikan beberapa customer terhadap fotografer, maka semakin baik juga kualitasnya. Tapi untuk memilih fotografer yang bermutu pastikan Anda mendapatkan testimoni yang asli. Nah untuk mendapatkan testimoni dari customer yang asli Anda bisa melihatnya di Jempoli. Di Jempoli sebagai media penghubung event planner dengan vendor, termasuk fotografer, memang sangat mumpuni untuk dijadikan tempat pencarian talent-talent berkualitas dan profesional.

  • Pastikan Sosok Fotografer untuk Event Anda

Jika Anda tertarik pada sebuah vendor yang merupakan perusahaan penyedia jasa fotografer, maka Anda harus memastikan seorang fotografer yang nantinya akan berkerja pada event Anda. Sebab menyerahkan sepenuhnya pemilihan fotografer pada vendor, hal ini bisa saja membuat Anda kecewa karena hasilnya yang tidak memuaskan. Sebab vendor yang memiliki banyak fotografer bisa saja memilihkan Anda talent yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

  • Bandingkan Harga atau Paket Harga

Dalam jasa layanan fotografi memang biasanya ada harga paket yang ditawarkan. Misalnya, Anda membutuhkan beberapa konsep fotografi untuk event atau juga membutuhkan beberapa hari untuk mendokumentasikan acara. Nah dari sini Anda bisa meminta harga paket yang jauh lebih murah dibanding membayar per-satu layanan. Untuk itu Anda sebagai event planner juga harus concern dengan harga paket yang ada. Jika perlu bandingkan harga paket yang ada pada seorang fotografer dengan harga paket pada fotografer lainnya.

  • Tanyakan Tentang Hak Anda

Dalam kerjasama dengan talent fotografer, Anda harus dan wajib untuk menanyakan hak-hak yang akan didapatkan. Ini memang penting agar Anda mendapatkan apa yang diharapkan sehingga akhirnya akan memuaskan Anda. Bila Anda tak menanyakan tentang hak-hak Anda, maka hal ini bisa menjadi permainan para talent atau vendor. Namun bila Anda sudah menanyakan maka vendor tidak akan bisa mengelak dan mempermainkan Anda. Agar lebih kuat kerjasama yang dijalin maka Anda dapat membuat perjanjian hitam di atas putih untuk ditandatangani bersama.

  1. Dapatkan Rincian Post-production

Terakhir, tips mencari fotografer yang tepat, mudah dan profesional maka pastikan Anda mendapatkan rincian post-production. Setelah proses pemotretan maka akan ada masa post-production atau masa proses produksi hasil dokumentasi. Di masa post-production ini Anda juga harus memastikan rinciannya yang jelas pada talent atau vendor. Sebab bila Anda tidak menanyakan rincian post-production maka hal ini bisa membuat Anda kecewa karena ketidaksesuaian harapan.

Inilah 10 tips mencari fotografer yang tepat, mudah dan profesional untuk kebutuhan event. Sekali lagi untuk mendapatkan fotografer yang berkualitas dan mudah maka Anda bisa menjadikan Jempoli sebagai tempat pencarian. Hal ini dikarenakan Jempoli menjadi pusat berkumpulnya event planner dan para talent profesional, termasuk fotografer. Jempoli yang merupakan platform online membuat siapa pun termasuk Anda akan mudah untuk mendapatkan talent profesional yang mampu menyukseskan event yang digelar.

You Might Also Like