Blog

Welcome to my blog

Uncategorized

Makeup Prostetik dan CGI, Dua Fakta Dibalik Penampilan Reza Rahadian di Film Habibie & Ainun 3

Reza Rahadian/https://beritagar.id/

Melihat penampilan Reza Rahadian di film Habibie & Ainun 3 memang membuat decak kagum. Bagaimana tidak, Reza yang memerankan B.J. Habibie memiliki penampilan yang begitu mirip dengan tokoh negara tersebut. Dalam sebuah film, seorang aktor atau aktris yang memerankan tokoh tertentu memang sangat peting untuk diperhatikan penampilannya. Semakin mirip penampilan aktor atau aktris dengan tokoh yang diperankannya, akan mampu menghidupkan karakternya. Dan ternyata dibalik penampilan Reza Rahadian yang sangat mirip dengan B.J. Habibie ini ada beberapa fakta menarik yang bisa kita ketahui.

Penggunaan Makeup Prostetik

Fakta pertama dari penampilan Reza Rahadian di film Habibie & Ainun 3 adalah adanya penggunaan makeup prostestik. Dalam penerapan makeup prostetik ini sendiri dibutuhkan waktu yang lama. Bahkan sebelum menggunakan makeup prostetik, ada beberapa tahapan yang harus dijalani. Jadi disini sang penata rias harus meng-copy dulu semua yang ada di wajah Habibie supaya dihasilkan riasan yang semirip mungkin.

“Masing-masing struktur karena terpisah-pisah ya, pipi sendiri, dagu sendiri, hidung sendiri, alis sendiri, jidatnya sendiri. Jadi itu piece by piece digabung gitu,” ucap Reza.

Sang penata rias sendiri yakni Orlando Bassi menyatakan bahwa penggunaan makeup prostetik ini memakan waktu yang begitu lama karena harus teliti dan detail. Reza sendiri bahkan harus menjalani proses pemasangannya selama hampir enam jam.

Salut dan Bangga dengan Makeup

Tapi meski prosesnya begitu lama, pria kelahiran Bogor, 5 Maret 1987 ini mengaku salut dan bangga dengan makeup prostetik tersebut. Begitu terkejutnya Reza pada riasan ini membuat dirinya seperti merasakan kulit yang asli.

“Jadi menurut saya enggak memungkiri bahwa di film ini makeup-nya works banget. (Eyang) Senang banget, ini dipegang-pegang ‘Ini kok gini, ya, gitu seperti kulit asli’ dan lain-lain,’persis seperti eyang’,” kata Reza.

Penggunaan CGI

Selain makeup prostetik, fakta lain yang bisa kita dapati dari penampilan Reza Rahadiandi film Habibie & Ainun 3 adalah adanya penggunaan efek CGI atau Computer-Generated Imagery. Meski tidak semua adegan menggunakan CGI, namun penerapannya membuat film film Habibie & Ainun 3 menjadi begitu hidup.

“Iya CGI. Menurut saya, ini adalah sesuatu yang patut dibanggakan karena dikerjakan seluruhnya oleh tim Indonesia,”ucap Reza.

Semakin Mendalami Peran

Menurut Reza, penampilan yang mirip dengan tokoh yang diperankannya ini memang sangat penting karena bisa membuat dirinya bisa semakin mudah mendalami peran.

“Jalan begitu efektif, saya lihat makeup-nya pun begitu jadi, wah ini sih serapan saya sama energinya bisa lebih solid dalam memerankan tokoh Habibie sendiri,” ujar Reza.

You Might Also Like