Blog

Welcome to my blog

Uncategorized

4 Tips Mendapatkan Vendor yang Tepat untuk Event Anda

vendor event/https://www.tiket.com/

Menghadirkan sebuah event yang sukses memang menjadi harapan semua penyelenggara. Untuk bisa membuat event ini berhasil dan sukses, maka ada salah satu hal yang perlu Anda perhatikan yaitu vendor. Vendor sebagai pengisi acara dalam event memang sangat mempengaruhi sukses tidaknya event. Bila vendor yang Anda dapatkan tidak berkualitas, maka event pun bisa berjalan dengan buruk dan tidak sesuai harapan. Dari sinilah maka proses pencarian dan pemilihan vendor akan menjadi sesuatu yang sangat krusial bagi Anda yang sedang berencana membuat event. Lalu bagaimana cara atau tips mencari dan memilih vendor yang tepat untuk event tersebut? Berikut penjelasannya.

Lihat Pengalaman dan Reputasinya

Tips pertama untuk mencari dan memilih vendor untuk event adalah dengan melihat pengalamannya. Pengalaman memang menjadi suatu tolak ukur bagi pihak manapun, termasuk vendor event, yang akan menjadi bahan penilaian dan pertimbangan publik. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki vendor maka bisa terlihat reputasinya. Memang pengalaman yang banyak saja belum cukup mencerminkan bagus tidaknya vendor. Sebab ada penilaian yang muncul dari masyarakat hingga memunculkan reputasi dan kredibilitas. Maka dari itu untuk mendapatkan vendor terbaik untuk event, maka cobalah untuk melihat pengalaman dan reputasinya. Meski vendor tersebut tidak terlalu banyak pengalaman, tapi bila reputasi dan kredibilitas di masyarakat bagus, maka itu akan jadi pilihan terbaik.

Lihat Portofolionya

Tidak hanya melihat pengalaman dan kredibiltasnya saja, tapi untuk mendapatkan vendor terbaik Anda harus melihat portofolionya. Portofolio atau hasil karya dan kerja mereka memang akan mencerminkan bagaimana mereka akan mengisi acara di event Anda. Bila portofolio yang dimiliki terbilang amburadul, maka sebuah event akan sulit untuk berjalan seperti yang diharapkan. Jadi pilihlah vendor yang memiliki portofolio yang baik sehingga akan membuat event Anda sukses. Portofolio vendor sendiri bisa Anda dapati pada hasil gambar, video dan juga hal-hal lain yang terdokumentasikan pada event-event sebelumnya yang mereka kerjakan.

Lihat Penawaran dan Bandingkan dengan Vendor Lain

Berikutnya,tips mencari dan mendapatkan vendor yang tepat untuk event adalah dengan melihat penawarannya. Penawaran ini bukan hanya soal harga, tapi juga layanan dan fasilitas yang diberikan. Untuk bisa menentukan baik-tidaknya penawaran yang diberikan, Anda harus punya pembandingnya. Maka dari itu sebelumnya Anda juga perlu untuk mengetahui penawaran dari vendor lain yang Anda anggap berkualitas. Dengan melihat penawaran dan perbandingan dari vendor lain maka Anda akan bisa mendapatkan vendor terbaik untuk event.

Sesuaikan dengan Kebutuhan Event Anda

Terakhir, tips mencari dan mendapatkan vendor adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan. Saat mencari vendor, tak jarang memang orang yang tidak fokus pada kebutuhan sehingga kemudian membuat budget event membengkak. Maka dari itu agar Anda bisa membuat keadaan finansial tetap sehat, pastikan saja Anda mencari vendor berdasarkan kebutuhan. Mencari vendor berdasarkan kebutuhan ini bukan berarti lantas Anda mencari yang paling murah dengan mengabaikan hal-hal di atas. Tapi Anda tetap harus berusaha mencari vendor yang terbaik agar event berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Bila memang budget yang dibutuhkan untuk merekrut vendor terbaik yang sudah ditemukan ini kurang sedikit, maka Anda harus mengecualikannya, dengan menambahkan budget yang kurang sedikit tersebut.

Itulah beberapa tips untuk mencari dan mendapatkan vendor yang tepat untuk event. Untuk benar-benar mendapatkan vendor terbaik, cobalah untuk melakukan beberapa tips di atas dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Bila Anda kebingungan mencari vendor dan talent-talent yang berkualitas, maka Anda bisa menjadikan Jempoli sebagai media dan perantaranya. Di Jempoli ini Anda akan bisa mendapatkan bermacam jenis vendor dan talent terbaik yang akan mensukseskan event. 

You Might Also Like