Blog

Welcome to my blog

Uncategorized

Mau Cari MC atau Pembawa Acara untuk Event yang Mumpuni dan Memuaskan? Terapkan 7 Tips Berikut Ini

MC (Master of Ceremony) atau pembawa acara memang sosok yang akan selalu dibutuhkan untuk melengkapi dan memeriahkan event. Dengan adanya MC, maka acara atau event yang berlangsung bisa diatur sedemikian rupa dan bisa berjalan dengan lancar sesuai susunan dan schedule yang telah ditetapkan. Tapi untuk membuat acara berlangsung lancar dan meriah, tentu tidak semua MC bisa melakukannya. Maka dari itu Anda yang memang sedang mencari seorang MC untuk mengisi event yang akan diselenggarakan harus selektif dan berhati-hati. Jangan sampai acara atau event yang Anda rancang dan impikan ini berjalan tidak sesuai dengan harapan gara-gara MC yang tidak mumpuni. Nah dari sinilah ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa mencari dan mendapatkan MC atau pembawa acara yang tepat, mumpuni, profesional dan memuaskan.

  1. Gali Informasi Selengkap-lengkapnya

Tips pertama untuk mencari dan mendapatkan MC untuk event yang mumpuni, profesional dan memuaskan adalah dengan menggali informasi mengenai MC yang sedang Anda target selengkap-lengkapnya. Untuk mencari informasi tentang kapabilitas MC, Anda bisa bertanya pada orang-orang yang pernah menggunakannya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan browsing atau mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google. Carilah dan gali informasi sebanyak-banyaknya dari kedua cara tadi. Untuk Anda yang ingin lebih mudah mendapatkan informasi mengenai kapabilitas seorang MC bisa mencarinya langsung di wesbite Jempoli. Cari dan pilih MC yang paling bagus performa dan kredibilitasnya supaya event yang Anda rencanakan bisa berjalan lancar dan sukses.

  • Adakan Pertemuan dengan MC

Setelah menemukan kandidat pembawa acara yang Anda anggap mumpuni, agar lebih menyakinkan lagi, Anda bisa menghubunginya untuk bertemu. Ketika pertemuan tiba, cobalah untuk memberikan konsep acara atau event yang Anda rencanakan. Setelah itu biarkan MC untuk menanggapi dan dengar apa ide yang akan dijalankan MC berkaitan dengan event tersebut. Jika perlu Anda juga bisa meminta MC untuk mempresentasikan ide atau juga performanya dihadapan Anda. Dari penjelasan ide dan presentasi MC tersebut, tentu Anda akan semakin bisa melihat gambaran yang jelas mengenai performanya. Jangan lupa kemudian pastikan MC yang Anda pilih punya ide atau gagasan dan presentasi yang bagus dan sesuai harapan Anda.

  • Lihat Pengalamannya

Pengalaman memang dapat mencerminkan penguasaan skill atau performa sang MC. Semakin lama pengalaman atau jam terbang yang dimiliki seorang MC dalam menjalankan profesinya, maka akan semakin baik skill yang dimiliki. Hal ini karena dari pengalaman yang ada, skill MC diatas panggung akan terus menerus diasah. Selain itu dalam setiap perform dari event ke event, seorang MC akan terus belajar dari setiap kesalahannya. Dari sinilah kemudian pengalaman akan sangat bisa menjadi tokal ukur dari kapabilitas dan skill seorang MC. Pastikan MC yang Anda cari untuk event punya pengalaman yang lama sehingga skill-nya tak perlu diragukan lagi untuk mempersembahkan yang terbaik dalam membawakan acara.

  • Pilih MC Sesuai Konsep Acara

Tentu bukanlah sesuatu yang tepat bila kemudian Anda menghadirkan MC orangtua untuk event yang diperuntukkan bagi kalangan anak muda. Begitu sebaliknya akan terasa aneh bila Anda menghadirkan MC anak muda untuk acara atau event bagi para orangtua. Meski pembaca acara atau MC yang Anda dapatkan punya pengalaman segudang, tapi bila usia MC tidak sesuai dengan karakter undangan yang hadir, bisa jadi acara berjalan tidak meriah dan tidak memuaskan. Untuk itulah sebelum menentukan MC, pastikan Anda melihat profil, terutama usia pembawa acara tersebut. Pastikan usia pembawa acara sesuai dengan konsep dan kelompok usia undangan yang akan datang. Untuk melihat profil, termasuk informasi usia MC dengan mudah, Anda bisa mendapatkannya dari Jempoli. Jempoli yang merupakan situs atau platform pencarian talent berbakat tentu akan bisa membuat Anda mendapatkan pembawa acara terbaik yang diharapkan.

  • Pilih MC yang Kreatif

Seorang MC memang dituntut untuk bisa kreatif. Ini karena tidak semua acara sesuai susunan acara atau rondown yang telah disusun. Disuatu waktu dalam suatu event bisa jadi ada perubahan susunan acara yang mendadak. Dari sinilah kreativitas seorang MC diuji. MC yang mumpuni akan bisa membuat acara tetap berlangsung lancar dan meriah meski ada perubahan susunan acara. Tapi MC yang buruk akan kelabakan dan kerepotan hingga sulit meng-handle acara bila kemudian terjadi perubahan pada rundown. Padahal setiap acara memang selalu ada peluang terjadinya perubahan susunan acara walau sekecil apapun perubahan tersebut.

  • Hadiri Saat MC Perform di Event Lain

Untuk mencari MC atau pembawa acara yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya dengan cara melihat saat dirinya tampil atau perform. Jadi ketika Anda mendengar bahwa MC yang Anda incar sedang tampil di event lain maka datanglah tempat event tersebut dan lihatlah bagaimana dirinya tampil. Pastikan penampilan pembawa acara yang tampil sesuai dengan kriteria yang Anda cari. Jangan lupa juga pastikan pembawa acara yang Anda amati punya kesesuaian dengan event yang Anda konsep. Dari kehadiran dan pengamatan terhadap MC yang dilakukan, maka Anda akan bisa menilai dan menetapkan apakah MC yang sedang Anda incar memiliki performa yang bagus atau tidak.

  • Cari di Tempat yang Jelas dan Tepat

Saat ini untuk mencari talet untuk event, termasuk pembawa acara, kita memiliki banyak pilihan. Dari mencarinya dengan cara bertanya, melalui media massa atau juga mencari via internet di search engine, bisa kita lakukan. Anda yang mencari MC melalui search engine di jaringan internet perlu selektif. Sebab akan ada banyak pilihan yang muncul dari pencarian di search engine. Pastikan untuk memilih tempat atau website yang bisa diandalkan mampu menghadirkan talent-talent berkualitas, termasuk MC yang mumpuni. Nah salah satu pilihan situs atau website untuk mendapatkan pembawa acara berkualitas adalah Jempoli. Talent-talent, termasuk MC yang mendaftar di Jempoli memang terkategori spesial dan bermutu. Sebab tidak semua talent bisa mendaftar di Jempoli. Ketika ada talent yang mendaftar, tim dari Jempoli akan melakukan seleksi ketat terlebih dahulu sebelum bisa menjadi mitra Jempoli. Dari seleksi inilah maka talent-talent yang ada di Jempoli, termasuk pembawa acara pastinya akan berkualitas dan mumpuni.

Inilah beberapa tips bagi Anda yang sedang mencari dan mencapatkan MC atau pembawa acara untuk event. Dengan menerapkan tips-tips di atas maka Anda akan lebih mudah untuk memperoleh MC atau pembawa acara yang mumpuni dan berkualitas untuk event yang akan digelar. Tapi ada satu hal penting untuk dipahami adalah bahwa MC yang mumpuni dan profesional harus disesuaikan dengan konsep event yang akan digelar agar acara bisa berlangsung lebih seru dan meriah.

You Might Also Like